0822.6475.0418 Jasa Pembuatan Conveyor

Conveyor adalah sebuah sistem mekanik yang memiliki fungsi khusus untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya Anda bisa menemukan sistem mekanik ini di pabrik-pabrik yang memproduksi barang.

Banyak industri yang membutuhkan sistem mekanik conveyor sebagai transportasi barang jumlah banyak dan berkelanjutan. Hal ini dinilai karena conveyor lebih murah dibandingkan alat transportasi lainnya. Apakah kebetulan Anda sedang mencari conveyor? Ketahui terlebih dahulu jenis-jenis conveyor berikut ini agar tidak salah memilih.

Jenis-jenis Sistem Mekanik Conveyor Yang Perlu Anda Ketahui

Screw Conveyor

Conveyor ini merupakan jenis conveyor yang dapat Anda temukan di sistem industri modern. Bentuk conveyor ini digunakan secara horizontal dengan tingkat kemiringan tertentu. Tingkat kemiringan ini dapat dimodifikasi dengan elevasi tertentu dengan mengalami penurunan sebanyak 25-45%. Hal ini dinilai lebih efisien untuk memindahkan barang berjenis semi padat.

Barang-barang berjenis semi padat yang dimaksud diantaranya adalah limbah serpihan kayu, biji-bijian cereal, agregat, daging, pakan ternak, limbah padat, dan sebagainya. Jenis conveyor ini hanya memerlukan sedikit ruangan dan tidak membutuhkan mekanik yang rumit sehingga jenis conveyor in hanya membutuhkan sedikit biaya dan paling banyak digunakan di industri.

Roller Conveyor

Jenis conveyor ini paling sering digunakan di dunia industri untuk memindahkan barang. Hal ini dikarenakan gerak lintasan konveyor yang tersusun dari beberapa tabung-tabung (roll) yang tegak lurus terhadap arah lintasan dimana plat datar yang ditempatkan dapat untuk menahan beban barang yang akan bergerak sesuai dengan arah putaran roll.

Jenis konveyor ini merupakan jenis aplikasi praktis bagi dunia industri. Konveyor ini dinilai umum dapat meningkatkan produktivitas industri atau individu secara umum. Hal ini dikarenakan jumlah waktu yang dibutuhkan fisik bagi para pekerja untuk mengangkut barang atau material dari satu lokasi ke lokasi lainnya berkurang drastis. 

Chain Conveyor

Jenis conveyor satu ini merupakan conveyor yang menggunakan bahan rantai untuk memindahkan barang atau material yang digerakkan oleh motor. Pergerakan jenis rantai konveyor ini dirancang bergerak secara memutar. Konveyor ini dapat bergerak berputar naik turun dan menyamping kanan kiri.

Rantai-rantai konveyor ini terdiri dari blok-blok bantalan pendukung yang berfungsi untuk menjaga kesatuan mata rantai saat berputar dan lebih kuat. Umumnya jenis conveyor ini digunakan untuk mengangkut beban satuan berat. Mulanya jenis conveyor ini dirancang dengan standar internasional untuk industri di pasar Eropa. 

Bucket Conveyor

Jenis konveyor ini digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan arah vertical atau lebih tinggi. Jenis konveyor ini memiliki rantai yang tidak berujung. Untuk memindahkan barang ke ketinggian tertentu, kerangka jenis konveyor ini terdiri dari sabuk katun atau karet yang berjalan dalam satu pulley drive pada bagian atas katrol.

Jenis konveyor ini juga dikenal dengan istilah elevator. Tingkat kemiringan yang digunakan untuk memindahkan barang dari bawah ke atas yaitu sekitar 70 sampai 90 derajat. Anda dapat menemukan jenis konveyor ini pada pabrik kelapa sawit. Perlu mempertimbangkan jenis material yang dipindahkan untuk dapat menggunakan jenis konveyor ini.

Pneumatic Conveyor

Jenis conveyor ini memiliki fungsi utama yaitu memindahkan barang curah atau bulk load dalam satu aliran udara yang bergerak melalui pipa. Prinsip kerja jenis konveyor ini yaitu bahan material dipindahkan oleh aliran udara yang bergerak cepat. Jenis konveyor ini seringkali digunakan pada industri minuman dan makanan untuk mengangkut material bubuk dan material kering.

Keuntungan menggunakan jenis konveyor ini yaitu bahan material yang dipindah dalam pipa tertutup rapat sehingga proses pemindahan yang terjadi hampir tanpa losses, kemampuan pemindahan barang di segala arah dan sudut, pemindahan barang material berdebu, dan menghemat ruang. Untuk mengenal lebih jauh, simak bagian-bagian penting dari konveyor berikut ini.

Bagian-bagian Penting Dari Sistem Mekanik Conveyor

Belt

Benda satu ini diartikan sebagai sabuk yang dipasang memanjang sepanjang alat konveyor. Benda ini berfungsi utama untuk membantu mengangkut barang. Ketika belt bergerak maka material juga ikut bergerak ke tempat lain.

Idler

Idler berfungsi untuk menyangga atau menahan belt. Ada bermacam-macam idler tergantung fungsi dan letaknya, diantaranya idler atas untuk menahan muatan, idler penahan yang berada di tempat pemuatan, idler penengah untuk menjajaki belt agar tidak bergeser, dan lain sebagainya.

Centering Device

Belt dapat bergerak terus menerus tanpa henti dan memiliki risiko meleset dari roller. Untuk mengatasi hal tersebut maka keberadaan centering device diperlukan untuk membuat belt tetap berada pada jalurnya.

Drive Units

Sesuai namanya, unit penggerak ini digunakan untuk menggerakan belt. Tenaga gerak dihasilkan dari perpindahan gesekan belt dan drive pulley. Belt yang diputar motor akan ikut bergerak dengan sendirinya.

Bending The Belt

Bagian ini memiliki peran penting yaitu untuk membengkokkan jalur lintasan belt. Terdiri dari pulley terakhir, beban dengan sifat kelenturan belt, dan susunan roller. Bagian ini dibutuhkan untuk agar belt terus bergerak, berputar, dan menggerakkan bahan material.

Hold Back

Selain Frame yang berfungsi untuk menyangga semua konstruksi belt, bagian penting lainnya dalam conveyor adalah holdback. Holdback digunakan untuk conveyor atas untuk tidak berputar kembali dan jatuh ke bawah. Hal ini berguna terutama saat mesin penggerak mati atau dihentikan.

Setelah mengetahui berbagai jenis conveyor dan bagian-bagian penting dalam konstruksi conveyor maka dapat disimpulkan bahwa Anda telah memiliki sedikit informasi terkait conveyor. Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan conveyor, simak tips berikut ini.

Tips Mencari Jasa Pembuatan Conveyor Profesional

Pastikan Dapat Mengerjakan Conveyor Yang Diinginkan

Setelah membaca berbagai jenis conveyor sebelumnya, Anda tentu paham conveyor jenis apa yang cocok untuk usaha Anda. Pastikan jasa pembuatan mengerti dan paham mengenai conveyor yang Anda inginkan agar produktivitas dan kualitas perusahaan berjalan lancar.

Pilih Jasa Pembuatan Dengan Fasilitas Maintenance Berkelanjutan

Conveyor sangat penting bagi dunia industri maka pastikan jasa pembuatan memiliki layanan servis berkelanjutan. Hal ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjamin mesin berfungsi dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Pastikan Jasa Pembuatan Menyediakan Spare Part Roller Berkualitas

Kerusakan dapat terjadi dengan pemakaian mesin yang berlebihan yang cuku tinggi. Pastikan jasa pembuatan juga menyediakan spare part berkualitas tinggi untuk memperbaiki roller conveyor yang Anda beli.

Pastikan Ada Garansi Dan Jasa Konsultasi 

Hal terpenting dalam memilih jasa pembuatan conveyor yaitu garansi dan jasa konsultasi. Hal ini berguna dalam hal keamanan dan kenyamanan dalam pemakaian mesin conveyor dan mengurangi hal buruk yang kemungkinan dapat terjadi di masa mendatang. Apabila Anda masih sedikit bingung mengenai detail conveyor dan jasa pembuatannya maka Anda bisa menghubungi nomor telepon di 0822-6475-0418 untuk konsultasi sekaligus melakukan pemesanan conveyor dengan kualitas terbaik. Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas terbaik terkait conveyor untuk usaha Anda.

Close Menu
error:
WhatsApp chat